Kamis, 31 Januari 2013

SABAR




Sabar merupakan akhlak terpuji. Prilaku ini dicontohkan oleh Rasulullah saw  dalam kehidupan sehari hari. Sabar identik dengan ketenangan, tidak tergesa-gesa dan selalu berpikir tenang. Prilaku sabar akan mendatangkan keberhasilan dalam hidup ini.
Jumhur ulama membagi sabar dalam tiga jenis yaitu, pertama, sabar dalam beribadah kepada Allah swt. Dimana seorang muslim dituntut kesabaran dalam melaksanakan segala perintah yang diwajibkan kepadanya. Shalat, puasa, melaksanakan ibadah haji dianjurkan untuk selalu sabar. Orang yang sabar dalam shalat akan melaksanakan shalat dengan pelan tanpa terburu buru seperti orang sedang mengejar sesuatu. Dinginnya pagi tidak menjadi penghalang untuk bangun melaksanakan shalat berjamaah ke Masjid. Begitu juga ketika puasa dibulan Ramadhan, tidak pernah mengeluh rasa lapar atau lemah pada siang hari.
Kedua, sabar dalam menjauhkan diri dan meninggalkan  kemaksiatan. Hidup diera globalisasi membutuhkan kekuatan extra untuk selalu istiqamah dalam kebaikan. Godaan untuk berbuat maksiat datang dari segala penjuru, dari bangun tidur sampai tidur kembali selalu ada saja hal yang menjurus kepada ketidakbaikan.
Ketiga, sabar dalam ujian Allah. Hidup di dunia ini tak terlepas dari ujian dan cobaan. Dunia merupakan universitas kehidupan. Setiap saat ada saja ujian yang diberikan oleh Allah. Manusia sukses adalah manusia yang sanggup melewati ujian.  Sebagai contoh ujian Allah, kita kehilangan orang orang tercinta (meninggal) atau kehilangan harta yang begitu kita bangga-banggakan. Atau anak yang begitu kita puja menghancurkan harapan yang telah kita bangun jauh hari. Jika tidak sabar dan menyerahkan semua persoalan pada Allah swt, maka kita akan stress dan tertekan akhirnya menjadi penghuni rumah sakit jiwa. Belum lagi tuntutan kehidupan modern yang serba materialis, semakin membuat pusing tujuh keliling. Disinilah harus adanya kesabaran untuk menghadapi segala ujian Allah swt. Segala yang terjadi kita pasrahkan pada Allah semata.
Semoga menjadi pribadi yang selalu hidup dalam kesabaran.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

silahka komentar dengan bahasa yang santun