Sabtu, 02 Maret 2013

Galaw Ujian Akhir

Pelajar kelas XII baik MA ataupun SMA sedang galaw. Ujian akhir nasional sedang menghitung hari. Sekarang saja pikiran sedang diperas untuk latihan  menghadi ujian nasional. Mulai dari Try Out Sekolah, tray out Dinas dan ujian ujian sekolah lain.

Pelajar pelajar yang akan menghadapi ujian akhir, bawaannya stress aja.  BUlan maret sudah mulai dengan ujian ujian dan terus ujian. Mulai dari Us, UAMBN (khusus Madrasah), UAN dan terakhir ada adalah ujian penjaringan masuk perguruan tinggi.  Sebenarnya di UMPTN inilah mareka benar –benar diuji sukses tidaknya belajar selama dua belas tahun dari SD, SMP dan SMA.   Tentunya tidak punya makna nilai di sertifikat kelulusan tertera dengan angka yang paling tinggi ketika  Tes masuk  ke Perguruan Tinggi tidak tersangkut dimana pun.
Yang namanya ujian apapun bentuknya sangat menggelisahkan dan  menegangkan. Bagi  pelajar yang menghadapi ujian akhir sekolah juga mengalami hal sama. Takut dan tegang. Wajah-wajah mareka tegang dan terasa ada beban berat.  Karena ujian akhir memang tinggal “menghitung hari”, seperti lirik lagunya KD menghitung hari.  Dalam keseharian anak-anak sangat terasa dalam menghitung karena jumlah hari menjelang UN ditulis dipojok papan tulis. Setiap hari, hitungannya terus berkurang  hingga sampai hari H. alasan anak anak menulis jumlah hari yang akan dilalui katanya biar selalu teringat detik detik pertarungan akhir meninggalkan bangku sekolah.
Menghitung hari terus berlanjut,  pelajar pada dasarnya sangat galaw dalam menghadapi ujian akhir nasional.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

silahka komentar dengan bahasa yang santun